Tari YosPan



      Tarian Yospan adalah dua tarian asal papua yang di gebungkan menjadi satu jenis tarian yaitu Yosim  dan Pancar.

      Yosim adalah jenis tarian yang sangat mirip dengan tarian dansa asal barat yaitu poloneis, dan berasak dari sarmi, kabupaten yang terletak di pesisir utara papua, dekat sungai memberamo. akan tetapi tarian yosim juga di akui berasal dari wilayah teluk seireri. sedangkan Pancar yaitu sebuah tarian yang berasal dari manokwari dan biak papua.


      Tarian yang memiliki dua buah nama dan disingkat menjadi sebuah nama yaitu Yospan ini memiliki dua regu pemain pada saat show, yaitu regu pertunjukan penari dan regu pemusik, regu penari menari dengan labih dari satu gerakan tarian yang bersemangat dan dilakukan dengan wajah riang gembira, dinamik, dan menarik. keunikan dari tarian ini terlihat sangat mencolok tentunya pada pakaian, alat musik serta aksesorisnya, meskipun setiap group penari dan sanggar memiliki kostum yang berbeda-beda akan tetapi tetap berada pada koridor yang sama dan ciri khas pakaian papua. alat musik yang digunakan pun tak kalah unik yaitu dengan Gitar, Ukulele, Tifa, dan Stem bass yang biasanya dibuat sendiri serta biasanya alat ini tidak lagi dimainkan menggunakan tangan, melainkan menggunakan kaki. irama dari musik untuk tarian ini tentunya sangat khusus memberikan semangat serta kekuatan bagi para penari.

      Tari Yospan juga termasuk dari salah satu tarian indonesia yang cukup dikenal oleh mancanegara, tarian ini juga sering ditapilkan pada upacara dan acara adad, pada kunjungan tamu agung, dan bahkan sering di ikutsertakan dalam festival budaya di indonesia maupun di luar.

Posting Terkait:

Sebarkan Berita :

Posting Komentar


Recent Posts Widget | Surga Indonesia
 
Support : Website | Seni | Budaya
Copyright © 2013. Surga Indonesia - All Rights Reserved
Hubungi Kami Admin Surga Indonesia
Didukung Oleh FIKom Universitas Borobudur