Museum Wayang, di Jakarta

      De Oude Hollandsche Kerk (Gereja Lama Belanda)  adalah nama bagi gedung museum wayang yang dibangun pertamakali pada tahun 1640, hingga pada tahun 1732 gedung ini diperbaiki dan berganti nama De Nieuwe Hollandse Kerk (Gereja Baru Belanda), Pada tahun 1808 gedung ini mengalami kehancuran akibat adanya peristiwa gempa bumi yang mengakibatkan gedung ini runtuh, sehingga gedung inipun berubah struktur bangunannya,  meskipun telah struktu bangunan berubah total akan tetapi beberapa bagian dari bentuk bangunan De Nieuwe Hollandse Kerk dan De Oude Hollandsche Kerk masih tampak terlihat dalam bangunan ini, sengaja di buat agar tidak menghilangkan identitas dan sejarahnya. Tepat di atas tanah bekas reruntuhan inilah dibangun gedung museum wayang yang pada akhirnya diresmikan pemakaiannya sebagai museum wayang pada 13 Agustus 1975.

      Museum Wayang merupakan tempat wisata budaya bangsa Indonesia yang sangat cocok bagi anda yang ingin mengajarkan tentang ilmu budaya pada anak-anak anda, karena dampak yang akan diterima sangat positif. Selain dapat menambah pengetahuan, kegiatan mengunjungi Museum Wayang juga dapat menjadikan generasi penerur bangsa yang mencintai budaya bangsanya sendiri.

      Di dalam museum ini terdapat banyak terdapat wayang-wayang yang memiliki karakter sesuai dengan tokohnya. Tokoh yang dimaksudkan adalah tokoh yang memang benar-benar memiliki sejarah, maupun tokoh yang fiktif. Tokoh pewayangan yang ada di seluruh Indonesia meliputi berbagai tokoh asal daerah, ada banyak macam wayang, topeng pewayangan maupun wayang mainan. Untuk wayang sendiri museum ini sangatlah lengkap, diantaranya wayang Kulit, Golek, Klitik yang berasal dari hampir seluruh nusantara dengan karakter budayanya masing-masing. Selain wayang ada pula topeng yang biasanya digunakan dalam pertunjukan yakni topeng Bali, Cirebon, Jogja, Malang, Surakarta.

Harga Tiket 
Dewasa : Rp. 2.000-,     *(Rp. 1.500,-)
Mahasiswa        : Rp. 1.000-, *(Rp.    750,-)
Anak - Anak       : Rp.    600-,     *(Rp.    500,-)
.
Ket : * = Bagi pengunjung rombongan tour minimal 20 orang

Alamat Museum Wayang
Jln. Pintu Besar Utara No. 27 Jakarta Barat 11110
Site : www.museumwayang.com
Email : info@museumwayang.com
Telepon    : 021 - 62929 560 / 6927 289
Fax : 021 - 62929 560
      

Posting Terkait:

Sebarkan Berita :

Posting Komentar


Recent Posts Widget | Surga Indonesia
 
Support : Website | Seni | Budaya
Copyright © 2013. Surga Indonesia - All Rights Reserved
Hubungi Kami Admin Surga Indonesia
Didukung Oleh FIKom Universitas Borobudur