Rumah Adad - Rumah Baloy

      Surgaindonesia.com - Rumah adad masyarakat Provinsi Kalimantan Utara adalah Rumah Baloy, Rumah ini  sebenarnya adalah rumah adad masyarakat Suku Tidung. Rumah ini memiliki desain yang hampir sama dengan Rumah Panjang (Lamin), sebenarnya para peneliti di Indonesia maupun Mancanegara menduga Rumah Baloy merupakan Pengembangan dari Lamin, karena selain memiliki desain yang relatif sama Rumah ini juga Bermotif yang lebih Modern dan Modis.
      Rumah Baloy di bangun dengan bahan dasar Kayu Ulin. Jika dilihat dari nilai karakteristiknya Rumah ini memiliki tata tertentu dalam pembangunannya, salah satunya yaitu rumah ini harus menghadap ke Utara, sedangkan pintu utamanya menghadap ke Selatan. Rumah Baloy memiliki empat buah ruangan utama yang biasa disebut Ambir, yaitu : Ambir Kiri (Alad Kait), adalah tempat untuk menerima masyarakat yang mengadukan perkara, atau masalah adat. Ambir Tengah (Lamin Bantong), adalah tempat pemuka adat bersidang untuk memutuskan perkara adat. Ambir Kanan (Ulad Kemagot), adalah ruang istirahat atau ruang untuk berdamai setelah selesainya perkara adat. Lamin Dalom, adalah singgasana Kepala Adat Besar Dayak Tidung.
      Pada bagian belakang rumah ini terdapat Lubung Kilong, yaitu sebuah Bangunan yang terletak ditengah-tengah kolam yang berfungsi sebagai tempat pertunjukan kesenian karya suku tidung seperti Tari Japen. tidak hanya itu, dibelakang Lubung Kilong ini juga terdapat sebuah bangunan lagi yang diberi nama Lubung Intamu yang berfungsi sebagai tempat pertemuan masyarakat adad yang lebih besar, seperti contohnya acara pelantikan (pentabalan) pemangku adat atau untuk acara musyawarah masyarakat adat se-Kalimantan.

Posting Terkait:

Sebarkan Berita :

Posting Komentar


Recent Posts Widget | Surga Indonesia
 
Support : Website | Seni | Budaya
Copyright © 2013. Surga Indonesia - All Rights Reserved
Hubungi Kami Admin Surga Indonesia
Didukung Oleh FIKom Universitas Borobudur