Bika (Bingka) Ambon Oleh-oleh khas Medan



      Kata Bika terilhami dari kue khas melayu yang disebut Bika (bingka) hingga akhirnya dengan kreatif cheff-nya di modifikasi dengan tambahan berupa bahan pengenmang kue seperti nira/tuak enau hingga berongga dan berbeda dengan bingka khas melayu tersebut. sedangkan kata Ambon yakni di yakini masyarakat karena pada saat pertama pembuatan bika ini di Jln. Ambon yang terdapat di daerah Sei Kera, Medan, Sumatera Utara.
      Bika Ambon dikenal sebagai oleh-oleh khas medan, Bika Ambon adalah makanan khas Medan, di medan sumatera utara ada banyak sekali toko yang memproduksi makanan tersebut dan menjualnya, dilokasi Jln. Mojopahit, daerah Medan petisah terdapat sedikitnya 30 toko yang memproduksinya dan masing masing menjual hingga 1000 bungkus bahkan lebih jika dijual pada saat mendekati hari raya.
      Makanan ini dibuat dengan komposisi kue seperti biasa, yaitu telur, gula dan santan, pada umumnya makanan ini sering di buat dan dijual dengan rasa pandan, karena saat ini di indonesia memiliki beragam macam perasa makanan, kini bika ambon memiliki beragam rasa seperti Durian, keju, cokelat dan lain sebagainya. bika ambon pun biasanya dapat bertahan lama sekitar kurang lebih selama 4 hari dan selebihnya biasanya kue ini mulai mengeras dan mulai berasa tidak enak lagi untuk di konsumsi.

Posting Terkait:

Sebarkan Berita :

Posting Komentar


Recent Posts Widget | Surga Indonesia
 
Support : Website | Seni | Budaya
Copyright © 2013. Surga Indonesia - All Rights Reserved
Hubungi Kami Admin Surga Indonesia
Didukung Oleh FIKom Universitas Borobudur