Kebun Binatang Ragunan

      Surgaindonesia.com - Kebun Binatang Ragunan merupakakan kebun binatang tertua di Indonesia, Wisata satwa ini didirikan pada tahun 1864. Saat ini Ragunan memiliki lahan seluas 147 ha yang terletak di daerah  Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Indonesia. Pada tahun 1864 silam, tempat wisata ini dikenal dengan nama "Planten En  Dierentuin" (tanaman dan kebun binatang). Pada saat itu pula kebun binatang ini masih terletak di daerah Cikini, Jakarta Pusat dengan lahan seluas 10 ha. Planten En Dierentuin adalah Kebun Binatang pemberian dari  seorang pelukis ternama Indonesia, yakni Raden Saleh.

      Dilingkungan Ragunan terdapat beragam Spesies dan Spesimen yakni berbagai koleksi yang terdiri dari 295 spesies dan 4040 spesimen. Kawasan Kebun Binatang Ragunan juga ditumbuhi dengan lebih dari 50.000 pohon yang membuat suasana sejuk dan nyaman layaknya sebuah hutan tropis mini, hal inilah yang sangat baik sekali untuk pembelajaran dan pengetahuan bagi usia dini, untuk lebih memahami akan bentuk serta rupa serta menyadarkan generasi penerus bangsa untuk mencintai dan melindungi satwa dari bahaya kepunahan.

      Bagi anda yang ingin berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan tidaklah menguras isi dompet anda, karena Kebun Binatang Ragunan dikenal sebagai tempat wisata yang berkelas dan murah meriah. Untuk tiket masuk ragunan dimulai dari Rp 3000,-/orang (bagi anak-anak), dan Rp 4000,-/orang (Bagi pria/pun wanita dewasa), tidak hanya itu, biaya parkiranpun masih terbilang murah, karena Parking Area di Kebun Binatang Ragunan tidak seperti Area Parkir di Mall yang dihitung perjam, namun di Kebun Binatang Ragunan bagi pengendara Sepeda hanya dikenakan biaya Rp 1000,-/Hari, Motor Rp 3000,-/Hari dan Rp 6000,-/hari bagi pengendara roda empat.

      Taman Margasatwa Ragunan pula menyediakan Guide (Pemandu Wisata) bagi siswa PAUD hingga SMU. Kegiatan siswa ditemani Pemandu yang akan berkeliling selama 1 s/d 2 jam mendampingi siswa sambil menerangkan satwa-satwa di Taman Margasatwa Ragunan, dengan Guide tentunya membuat kunjungan lebih terarah dan kental dengan nuansa belajar dengan alam. Pelayanan pemandu dilaksanakan pada hari Selasa s/d Sabtu, pada pukul 09.00 - 14.00 wib dengan konfirmasi dan pemesanan sebelumnya.

Posting Terkait:

Sebarkan Berita :

Posting Komentar


Recent Posts Widget | Surga Indonesia
 
Support : Website | Seni | Budaya
Copyright © 2013. Surga Indonesia - All Rights Reserved
Hubungi Kami Admin Surga Indonesia
Didukung Oleh FIKom Universitas Borobudur